Selasa, 28 Februari 2012

PENGGUNAAN MODEL LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X-1 SMAN 1 GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010


Yulianingrum

ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran di SMAN 1 Gedongtataan bahwa : 1) pemanfaatan metode dan pendekatan belajar belum efektif dan bervariasi; 2) sebagian besar siswa (60%) belum optimal dalam mengikuti belajar; 3) hasil belajar (nilai) Fisika belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar Fisika dengan metode belajar bersama (learning together) pada siswa. Penelitian ini bertujuan: 1) meningkatkan efektifitas belajar Fisika degan metode diskusi; 2) mendeskripsikan upaya meningkatkan efektifitas belajar Fisika dengan metode belajar bersama, dan; 3) menemukan strategi untuk meningkatkan efektifitas belajar Fisika siswa.  Pelaksanaan penelitian ini dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas: perencanaan, tindakan,  observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksnakan di SMAN 1 Gedongtataan pada kelas X-1 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Pengabilan data dilakukan dengan metode pengamatan dan wawancara menggunakan angket. Penelitian ini dilakukang secara kolaboratif dengan melibatkan seorang guru sebagai observer. Hasil dari penelitian ternyata bahwa penggunaan model Learning Together ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar itu antara lain peningkatan aktivitas siswa dan rata-rata nilai ulangan harian.
            KATA KUNCI :   learning together, efektifitas, dan belajar.

            Download File

Tidak ada komentar:

Posting Komentar