Siskandar
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan: 1) langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru
dalam peningkatan mutu pembelajaran, 2) strategi peningkatan mutu pembelajaran yang berdaya
saing secara global. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah penelitian
literasi. Berdasarkan hasil masukan dari pada peserta seminar, naskah
diperbaiki untuk dimasukkan ke dalam jurnal ilmiah. Berdasarkan hasil kajian disimpulkan sebagai
berikut. 1) Dalam pembelajaran, guru harus melakukan pembaharuan termasuk
pembaharuan kurikulum. Selain itu, guru perlu selalu memperbaiki proses
pembelajaran dengan menggunakan pengalaman sendiri yang diperoleh selama
mengajar; 2) peningkatan mutu
pembelajaran yang berdaya saing secara global perlu mendapat perhatian yang
seksama. Untuk meningkatkan mutu pembelajaran perlu melakukan: a) pembelajaran
berpusat pada peserta didik (student centered learning), b) mendorong peserta
didik aktif dalam belajar, c) bertukar pengalaman (sharing) dengan teman
sejawat, d) bench-marking, e) melakukan evaluasi diri (self assessment), f)
pembinaan kompetensi dan profesionalisme guru, g) memperkuat motivasi guru, h)
dukungan dan penghargaan, dan i) penguatan organisasi profesi.
KATA
KUNCI : mutu,
pembelajaran, daya saing, globalDownload file
Tidak ada komentar:
Posting Komentar