Yulianingrum
ABSTRAK: Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kondisi
pembelajaran di SMAN 1
Gedongtataan bahwa : 1) pemanfaatan metode dan pendekatan belajar belum efektif
dan bervariasi; 2) sebagian besar siswa (60%) belum optimal dalam mengikuti
belajar; 3) hasil belajar (nilai) Fisika belum mencapai kriteria ketuntasan
minimal (KKM). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya
meningkatkan hasil belajar Fisika dengan metode belajar bersama (learning together) pada siswa. Penelitian ini bertujuan: 1) meningkatkan
efektifitas belajar Fisika degan metode diskusi; 2) mendeskripsikan upaya
meningkatkan efektifitas belajar Fisika dengan metode belajar bersama, dan; 3)
menemukan strategi untuk meningkatkan efektifitas belajar Fisika siswa. Pelaksanaan penelitian ini dengan menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas:
perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Penelitian ini dilaksnakan di SMAN 1 Gedongtataan pada kelas X-1
dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Pengabilan data dilakukan dengan metode
pengamatan dan wawancara menggunakan angket. Penelitian ini dilakukang secara
kolaboratif dengan melibatkan seorang guru sebagai observer. Hasil dari
penelitian ternyata bahwa penggunaan model Learning Together ternyata dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Hasil belajar itu antara lain peningkatan aktivitas siswa dan rata-rata
nilai ulangan harian.
KATA KUNCI : learning together, efektifitas, dan belajar.Download File
Tidak ada komentar:
Posting Komentar