Suwandi
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini
adalah untuk memperoleh gambaran tentang penyelenggaraan program Paket A dan
Paket B Kesetaraan, dan program SMP Terbuka. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah survai. Data dikumpulkan dengan wawancara dan
dokumentasi. Sampel ditetapkan dengan
area sampling sebanyak 36 kelompok belajar Paket A, 36 kelompok belajar
Paket B, dan 36 kelompok belajar SMP Terbuka. Responden warga belajar Kejar
Paket A sebanyak 360 orang, Kejar Paket
B sebanyak 360 orang, dan SMP Terbuka sebanyak 360 orang, tutor Kejar Paket A,
Paket B dan guru SMP Terbuka masing-masing sebanyak 10 orang. Responden
penyelenggara program Kejar Paket A sebanyak 36 orang, dan Kejar Paket B
sebanyak 36 orang. Data dianalisis dengan prosedur verifikasi, koding,
tabulasi, entry, dan analisis data.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) program Kejar Paket
A terlaksana cukup baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pencapaian
prestasi belajar pada masing-masing mata pelajaran, dan aktivitas SKB (Sanggar
Kegiatan Belajar), yang cukup baik sesuai dengan tugas dan fungsinya, 2)
Program Kejar Paket B telah menunjukkan keberhasilan yang baik, dan 3)
penyelenggaraan Program SMP Terbuka dapat dikatagorikan cukup berhasil, yang
ditunjukkan dengan indikator keberhasilan, seperti Prestasi belajar dan Kegiatan belajar mandiri warga belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar